DKM NURUL ILMI UGJ ADAKAN SHOLAT IDUL ADHA 1440 H DAN PENYEMBELIHAN HEWAN QURBAN

Unversitas Swadaya Gunung Jati (UGJ), Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Nurul Ilmi mengadakan Sholat Idul Adha 1440 H dan Penyembelihan Hewan Qurban pada hari ini 11 Agustus 2019 di halaman Parkir Kampus Utama UGJ Jalan Pemuda 32. Hewan Qurban Sebanyak 4 Sapi dan 10 Kambing yang akan dibagikan kepada masyarakat sekitar kampus. Sholat Idul Adha Civitas Akademika UGJ dan masyarakat sekitar kampus dengan Imam dan Khotib  Prof. Dr. H. Rochanda Wiradinata, MP. 

Rektor UGJ Dr. H. Mukarto Siswoyo, Drs., M.Si dalam sambutannya sebelum melaksanakan Sholat Id berkata Puji dan syukur senantiasa kita panjatkan  kehadlirat Allah SWT karena atas rahmat dan karuniaNya kita bersama umat Islam di dunia  dapat merayakan Idul Adha 1440 H dalam suasana penuh kebahagiaan dan persaudaraan, terlebih lagi kita bangsa Indonesia dalam suasana suka cita menyambut hari ulang tahun kemerdekaan RI ke 74 dibulan Agustus ini meskipun masih ada saudara-saudara kita kaum muslimin yang belum merasakan kedamaian dan persaudaraan di hari raya Idul Adha ini dibelahan dunia sana karena negera mereka sedang dilanda konflik dan juga saudara-saudara kita di dalam negeri yang dilanda musibah maka kita mendoakan semoga mereka  segera mendapatkan pertolongan Allah SWT  dan diberikan kesabaran dan ketabahan dalam lindungan Allah SWT. 

Hari Raya Idul Adha merupakan hari yang bersejarah bagi umat manusia  karena Nabi Ibarahim Siti Hajar dan  Ismail telah meletakan dasar-dasar keteladanan yang fundamental hingga kini masih bisa kita laksanakan yakni pelaksanaan Ibadah Haji dan Penyembelihan Hewan Qurban dua kegiatan inilah yang hingga kini mampu menjadi tuntunan kaum Muslimin muslimat di dunia  untuk menunaikan rukun Islam yang ke lima, persitiwa itu mengingatkan kita untuk mengikuti contoh  tauladan yang diwariskan Nabi Ibrahim Alaihiwasalam suatu contoh pengorbanan yang tidak ada tara bandingannya sehingga bila Allah SWT yang meminta dan kalau untuk kepentingan agama jiwa ragapun siap dikorbankan seperti yang telah dibuktikan  oleh Nabi Ismail  sebagai wujud kepatuhan kepada orangtua kepada Nabi Ibrahim Alaihisalam dan ketaatan kepada Allah SWT.

Dari kegiatan itulah kita diharapkan menjadikan tauladan bagi kita  dan mampu menunjukkan keimanan yang makin meningkat dan semakin mengikhlaskan  untuk berkorban dan yang ditandai dengan penyembelihan hewan qurban, karena kini hal-hal yang menyangkut pengorbanan telah banyak yang hildang digantikan spirit mengabdi kepada motif mendapatkan keuntungan yang setinggi-tingginya. Semua dilakukan dengan pamrih yang kian lama kian menjauhkan individu dari ikatan-ikatan social. Idul Adha  menautkan kembali iatan-ikatan yang terlepas itu. Spirit yang terlahir sekian ratus tahun yang lalu itu menjadi sangat relevan hingga hari ini dalam konteks Indonesia semangat ini bahkan telah menjadi sebuah urgensi, banyak persoalan bangsa ini muncul akibat lemahnya untuk berkorban bagi orang lain, spirit untuk  berkorban bagi sesama yang jauh lebih menonjol bagi kehidupan sehari-hari sekarang ini adalah semangat untuk menang sendiri, kaya sendiri berkuasa sendiri dan benar sendiri.tuturnya (UN08)

Galeri

INFORMASI MAHASISWA BARU

Penerimaan Mahasiswa Baru

Informasi Kontak

Universitas Swadaya Gunung Jati
Jln. Pemuda No. 32, Cirebon Jawa Barat 45132, Indonesia
+62 231 206558