UGJ Gelar Sosialisasi Akreditasi Internasional: Meningkatkan Kualitas Pendidikan untuk Bersaing di Tingkat Global

UGJ Gelar Sosialisasi Akreditasi Internasional: Meningkatkan Kualitas Pendidikan untuk Bersaing di Tingkat Global

UGJ NEWS - Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, Universitas Swadaya Gunung Jati menyelenggarakan Sosialisasi Akreditasi Internasional  AQAS di ruang 03 Gedung A Fakultas Kedokteran UGJ (22/02/2024).

Acara yang dihadiri oleh Rektor UGJ  Prof. Dr. Ir. H. Achmad Faqih, S.P., M.M., IPU., CIRR., beserta para jajarannya, dan para dekan di lingkungan UGJ, di narasumberi oleh Dr. Heny Hendrayati, S.IP., M.M  mengapa perlu akreditasi internasional, cara pemilihan lembaga akreditasi internasional, dan lain sebagainya.

Ketua Pelaksana Sosialiasi Akreditasi Internasional, Dr. Edy Hartono, SE.,M.M. mengungkapkan bahwa tujuan sosialisasi ini untuk mengetahui serta memahami persyaratan yang harus dipenuhi suatu prodi menuju akreditasi internasional.

"Sosialisasi ini bertujuan untuk paling tidak secara awal dan dini bisa memahami bagaimana seluk beluk, bagaimana format, bagaimana kewajiban dan syarat - syarat yang harus dipenuhi agar suatu program studi itu bisa terakreditasi secara internasional.” Ujarnya.

Rektor UGJ, Prof. Dr. Ir. H. Achmad Faqih, S.P., M.M., IPU., CIRR. turut memberikan sambutannya pada acara ini. Dalam sambutannya menyampaikan bahwa untuk tingkatkan terus kualitas pendidikan terutama ke ranah internasional dan berharap menjadi bagian dari world-class University.

"Dengan mengacu pada visi misi Universitas, UGJ wajib  yang dipunya, UGJ wajib nginternasional , mendunia, karena kita menuju pada tataran global, bahkan kita harap menjadi bagian dari World -class University. Memang wajib suatu pendidikan tinggi yang berkualitas, mempunyai karakter dan terpopular, karena banyak sekali manfaat yang didapat dari Prodi yang terakreditasi Internasional, maka dari itu mari kita bersama-sama tingkatkan kualitas pendidikan kita” ujar Rektor UGJ

Melalui Sosialisasi Akreditasi Internasional  AQAS 2024  diharapkan tercapai nya 8 prodi terakreditasi Internasional.

"Setelah melalui tahapan-tahapan sesuai prosedur, target dari kami semoga mencapai setidaknya 8 prodi terakreditasi Internasional" ujar Rektor UGJ, Prof. Dr. Ir. H. Achmad Faqih, S.P., M.M., IPU., CIRR.

Diketahui acara sosialisasi ini merupakan tahap awal, perkiraan bulan Maret akan diadakan tahap teknis akreditasi internasional, dan tahap akhir yaitu simulasi akreditasi internasional.

Acara sosialisasi ini merupakan wujud nyata upaya Universitas Swadaya Gunung Jati untuk tidak hanya memenuhi standar nasional, namun juga internasional dalam hal kualitas pendidikan. Meningkatkan kualitas pendidikan menjadi salah satu faktor penting dalam meningkatkan daya saing Indonesia di kancah Internasional.

Dengan adanya sosialisasi ini, para akademisi di UGJ diharapkan dapat memahami standar dan proses akreditasi internasional serta mampu mengapplikasikan nya. pada perguruan tinggi mereka. Dengan demikian UGJ dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan bersaing di tingkat global.